Apa Pengaruh Metaverse Untuk Kita?

Admin
Admin
...

Kabarsulut.com - Bagi sebagian orang yang mendengar mataverse merasa asing dan bodoh amat, Akan tetapi sejatinya metaverse sudah hadir dan kita yang belum menyadari akan hal itu.

Mari kita pahami apa itu  metaverse terlebih dahulu dan bagaimana metaverse mengubah dunia dan hidup saat ini dan masa depan.

Dalam novel fiksi ilmiah "Snow Crash" sang penulis Neal Stephenso menciptakan istilah "metaverse" dalam novel tersebut penulis membayangkan avatar manusia hidup yang berinteraksi dalam bangunan 3D dengan lingkungan realitas virtual.

Di kutip dari novel fiksi "Snow Crash" (1992) metaverse adalah sebuah frase yang diciptakan oleh Stephenson untuk menunjukan pada penerus internet. Metaverse adalah visi stephenson tentang bagaimana internet berbasis realita virtual dapat berkembang dalam waktu dekat.

Mulai dari itu perkembangan teknologi membuat awal sejarah dalam perjalanan menuju metaverse nyata yaitu dunia virtual online yang menggabungkan agumented reality,virtual reality,avatar holografik 3D dan vidoe serta sarana komunikasi lainnya.

Dalam perkembangannya metaverse akan menawarkan dunia alternatif yang sangat nyata bagi kita untuk hidup berdampingan dalam ekosistem metaverse.
Metaverse adalah hipotesis iterasi (perulangan) berikutnya dari internet, yang mendukung lingkungan virtual 3D online yang terdesentralisasi dan persisten.

Metaverse adalah dunia virtual yang dapat diakses melalui headset virtual-reality dan kacamata augumented reality,smartphonr,komputer dan konsol game. Para penggunanya bekerja ,bermain, dan tetap terhubung dengan teman-teman melalui segala hal mulai dari konser dan konferensi hingga perjalanan virtual keliling dunia.

Miniatur metaverse sudah hadir dalam aneka rupa perkembangan teknologi disekitar kita.Misalnya Metaverse hadir dalam dunia game online seperti Fornite,Minecraft,dan Roblox.Perusahaan dibalik game tersebut memiiki ambisi untuk menjadi bagian dari evolusi metaverse.

Saat ini jutaan orang menghabiskan berjam-jam sehari diruang sosial virtual seperti Roblox dan fortnite. Ketertarikan pada kepemilikan aset digital telah melonjak dramatis.

Platform produktivitas virtual juga berkembang.Misalnya Facebook dan Microsoft yang baru saja mengumumkan cara untuk berkolaborasi secara daring (online).

Produsen sepatu ternama Nike bahkan dikabarkan sedang bersiap untuk menjual sepatu virtual. Pendidikan berbasis video dan komunitas sosia daring hanyalah bebrapa medan dimana lebih banyak waktu kita habiskan diruang digital.

Singkatnya metaverse dalam prototipe sudah hadir disekitar kita. Anak-anak dan kaum muda serta dewasa muda lazimnya sudah bersinggungan atau bahkan hidup dalam metaverse ini.

Dalam game online, transaksi uang tidak lagi menggunakan uang tunai untuk membeli barang yang bisa disentuh.Para pemain bertrasformasi dalam rupa dan tokoh gim dan avatar.

Raksasa teknologi yang sebelumnya dikenal sebagai facebook telah melakukan investasi signifikan dalam realitas virtual,termasuk akuisisi Oculus pada 2014. Meta menjadi payung aneka merek dagang seperti Facebook,Instagram.dan WhatsApp.

Mark Zuckerberg membayangkan dunia virtual dimana avatar digital terhubung melalui pekerjaan,perjalanan atau hiburan menggunakan headset VR. Beliau percaya bahwa metaverse akan bisa menggantikan internet seperti yang kita kenal saat ini.

Metaverse mampu mengadakan konser musik, trailer film dan debut musik secara "imersif". Penonton tidak lagi hanya melihat, tetapi sungguh berada di dalam dunia metaverse itu.

Metaverse juga bisa membawa kita ke masa lalu, dengan hadir langsung, misalnya saat Soekarno membawakan pidato proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945.

Singkat kata, metaverse bukan hanya sesuatu yang futuristik. Metaverse sudah hadir, meski masih dalam purwarupanya. Metaverse mampu mengajak kita untuk hadir di masa lalu, masa kini, dan masa depan secara "bersamaan".

Metaverse, seperti hal lainnya, bisa berdampak positif dan negatif. Tergantung pada insan manusia yang menggunakannya.

Gaya Hidup

Admin

Media digital berita Indonesia dan dunia terbaru, dan terpercaya.


BINANCE