Banjir Melanda Beberapa Kelurahan Yang Ada Di Manado

Admin
Admin
...

Kabarsulut.com - Kamis (03/03) hujan lebat melanda Kota Manado, Sulawesi Utara yang menyebabkan beberapa kelurahan dilanda banjir, salah satu daerah yang parah terdampak banjir adalah Kelurahan Ternate Tanjung, Kecamatan Singkil.

Berdasarkan keterangan dari Mochtar Sawotong yang merupakan Kepala Lingkungan 1 Ternate Tanjung bahwasanya banjir sudah terjadi sejak pukul 17.00 Wita." Tadi waktu warga sedang bersih-bersih lingkungan tiba-tiba hujan deras turun dan air sungai meluap lagi" jelasnya.

Perlu diketahui salah satu kelurrahan yang setiap tahunnya dilanda banjir di Manado adalah Kelurahan Ternate Tanjung ketika memasuki musim hujan dikarenakan posisi Kelurahan Ternate Tanjung sendiri berada di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano.

Sebelumnya pada Rabu(02/03) Kelurahan Ternate Tanjung sempat dilanda banjir dengan ketinggian kurang lebih mencapai 1,5 - 2 meter yang berasal dari DAS Tondano yang meluap, meskipun di Kota Manado tidak hujan.

" Dsini merupakan hulu aliran sungai dari Minahasa jadi meskipun Manado tidak hujan tetapi daerah lebih tinggi seperti Tondano atau Tomohon hujan pastinya banjir juga" ujar Mochtar.

Padahal pada (03/03) siang banjir sudah surut sehingga warga memutuskan membersihkan lingkungan sekitar rumah. Namun pada pukul 15.00 Wita hujan deras melanda Kota Manado sehingga air DAS Tondano kembali meluap.

Ada sekitar 54 rumah yang terdampak banjir di Ternate Tanjung Lingkungan 1, dan 108 kepala keluarga (KK) mengungsi baik di masjid maupun di rumah tetangga.

Ketinggian banjir di Manado melebihi dari 2 meter, beberapa warga yang memiliki rumah berlantai dua memilih bertahan dirumahnya masing-masing utnuk menjaga barang-barang akan tetapi ketinggian air makin menigkat akhirnya sekitar kurang lebih 6 Kepala Keluarga meminta di evakuasi.

BeritaKota Manado

Admin

Media digital berita Indonesia dan dunia terbaru, dan terpercaya.


BINANCE