Kota Manado Miliki Rumah Adat Toraja, "Tongkonan".

R1
R1
...

Rurubua : Terima kasih Buat Pak GSVL

Kabarsulut.com MANADO - Keanekaragaman adat budaya di Kota Manado semakin lengkap, bukan  saja dari ragam adat lokal Sulut, namun juga ada budaya dari luar Sulut, buktinya kini hadir satu rumah adat Toraja "Tongkonan", yang dibangun di wilayah Mapanget.

Salah satu Tokoh muda berdarah Toraja Jurani Rurubua SST, mengaku ayahnya asli Toraja dan ibunya berdarah Minahasa Tenggara bermarga 'Tangel' ini, saat di temui Kabarsulut, menyatakan rasa kekagumannya karena  hari ini Sabtu(10/4), akhirnya kota Manado mempunyai Rumah Adat Toraja "Tongkonan". " Saya rasa kagum rumah adat Toraja ' Tongkonan', sudah ada di Kota Manado, bahkan berada di wilayah Mapanget, " ujar Rurubua

Dijelaskan pula yang juga Ketua DPD PSI Manado, Dua campuran Budaya yang sangat kental dalam hidupnya, namun Budaya Toraja begitu kuat melekat melalui Marga serta kebiasaan yg di bawah oleh ayahnya dalam kehidupan nya sehari-hari, baik makanan, cara bekerja, bahkan adat-istiadat Toraja, ia juga menyatakan Bangunan Tongkonan, bukan sekedar rumah adat, bukan sekedar rumah keluarga besar, namun merupakan tempat orang memelihara persekutuan kaum kerabat, jadi kehadiran Tongkonan di Kota Manado merupakan bentuk dari komitmen pemerintah dalam rangka menjaga kerukunan ummat beragama dan antar etnis. Kekayaan Manado terletak dari eksistensi keragaman budaya dan suku.

Sehingga itu, pendirian rumah adat suku Toraja ini menjadi simbol atas wujud kekayaan budaya dan keharmonisan semua golongan bisa hidup berdampingan dengan penuh damai.

" Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak  Walikota Manado, DR. GS Vicky Lumentut yg sudah memfasilitasi serta membantu semua hal sehingga rumah adat tongkonan ini bisa berdiri kokoh di kota Manado, " ungkap Rurubua.

Menurut Legislator DPRD Kota Manado ini, dirinya juga berharap kepada pemerintah untuk mendorong komunitas Suku Budaya yang berada di kota Manado agar berkenan untuk mendirikan Cagar Budayanya.
Dengan demikian, Manado benar-benar tampil sebagai daerah yang menjunjung tinggi perbedaan serta merayakannya.

" Oleh karena itu, saya mengajak semua pihak, agar turut melestarikan nilai budaya yang beragam di Kota Manado ini, " pungkasnya.(r1)

Kota ManadoBerita

R1


BINANCE