Inilah Yang Terjadi Ketika Kita Tidur

Admin
Admin
...

Kabarsulut.com - Tidur adalah salah satu istirahat terbaik bagi tubuh yang dapat mengembalikan energi.  Setelah cukup tidur, tubuh akan terbangun dengan sendirinya dalam keadaan bugar dan kita pun siap beraktivitas kembali.

Saat terlelap otak akan membersihkan racun-racun tidak berguna yang terbentuk ketika kita berpikir seharian. Tahukah kita ternyata ketika kita tidur ada beberapa hal menarik yang terjadi yakni :

#Tekanan darah, detak jantung, dan suhu tubuh menurun

Saat tertidur suhu tubuh turun lebih dari 1,1 derajat Celcius menjadi 35,6 derajat Celcius, yang hanys 1 derajat Celcius diatas  hipotermia. 30 menit sebelum tertidur tubuh kita mulai menurunkan suhunya yang bertujuan untuk memperlambat metabolisme agar kita bisa tidur berjam-berjam tanpa merasa lapar.Bahkan detak jantung dan tekanan darah juga ikut turun akan tetapi saat kita bangun nanti detak jantung dan tekanan darah akan kembali naik utnuk mengimbangi energi.

#Tubuh meregang menjadi sedikit lebih tinggi

Seharian tulang belakang mendapat tekanan karena gravitasi sehingga cairan mengalir keluar dari cakram tulang dan membuat tinggi kita"menyusut" Hingga 1 Cm. Akan tetapi  cairan akan kembali ke sambungan sendi dan membuat tubuh meregang sepanjang 1 cm bahkan lebih saat punggung terbebas dari semua tekanan pada saat kita tidur. Hormon pertumbuhan (yang bisa menambah tinggi badan) biasanya dilepaskan saat tidur.

# Otak mengonsumsi energi lebih tinggi saat tidur

80 persen energi di gunakan utnuk berbagai aktivitas fisik, seperti pernapasan, gerakan, atau berbicara saat terbangun. Sementara saat tertidur ( kelebihan energi) dialihkan ke otak. Energi inilah yang di manfaatkan utnuk berbagai hal utnuk memperkuat koneksi saraf.

#Saat terlelap, otak melakukan "pembersihan"

Saat terjaga racun fan produk limbah lainnya menumpuk di sel otak dan tubuh. sebaliknya  Katub terbuka dan mebuat cairan serebrospinal mengalir dari tulang belakang ke otak lalu membilas jaringan dan racun saat terlelap. Proses ini membantu sel menciptakan energi dan nutrisi serta menjaga tubuh tetap bekerja mengutip dari List Versa.

#Kamu mungkin akan kehilangan sedikit berat badan

Saat tidur kelembapan ditarik dari udara dan tubuh. Sebenarnya, berat air yang hilang sangat kecil, hanya sekitar 0,02 gram per napas. Namun, jika diakumulasi, kurang lebih ada 0,5 kilogram berat badan yang hilang.

#Mengelompokkan dan menyimpan memori jangka panjang di otak

Sepanjang hari, kita pergi ke banyak tempat, berinteraksi dengan orang lain, dan menciptakan kenangan baru. Lalu, saat tidur, otak akan memutar ulang peristiwa hari itu, mengelompokkan, dan menyimpannya di pusat memori jangka panjang. Mengapa otak perlu mengelompokkan dan mengategorikan memori? Prioritas memori ini penting untuk mempelajari dan mempertahankan informasi serta mengembangkan keterampilan seperti memecahkan masalah (problem-solving).

#Sesekali, kita mengalami hypnic jerk

Pernakah saat tertidur kalian merasakan sensasi terjatuh? hal ini dikenal dengan Hypnic Jerk adalah kontraksi otot tak disengaja saat tidur. Hal ini cenderung terjadi saat berada dalam kondisi transisi dari kondisi terjaga (wakeful state) ke kondisi tidur (sleeping state). Hypnic jerk adalah jenis gerakan otot tak sadar yang disebut mioklonus.Kekuatan hypnic jerk berbeda-beda. Ada yang merasakan seperti kedutan, ada pula yang cukup kuat untuk membangunkan seseorang dari tidurnya. Kondisi ini sangat umum, sekitar 70 persen orang pernah mengalaminya, setidaknya sekali seumur hidup.

Tenyata itulah beberapa hal yang terjadi saat kita tidur, Bukankah tubuh melakukan hal yang menakjubkan saat kita terlelap.



tips kesehatan

Admin

Media digital berita Indonesia dan dunia terbaru, dan terpercaya.


BINANCE