Waspada, 5 orang Probable Omicron di Jakarta dan Manado Kata MenKes

Admin
Admin
...

Kabarsulut.com - Hari ini pemerintah resmi mengumumkan Covid-19 varian Omicron masuk Indonesia,Varian tersebut terdeteksi dari petugas pembersih di Wisma Atllet.

Dijelaskan oleh Menteri Kesehatan Gunadi Sadikin,Mulanya ada 3 pasien yang bekerja di Wisma Atlet. Seluruh Pegawai baik pekerja termasuk pembersih memang sering dilakukan pengambilan sample secara rutin.

Sample tersebut di ambil pada 8 Desember 2021 lalu kemudian sample dikirim ke Kemenkes pada 10 Desember 2021.Berawal dari sinilah diketahui ada tiga pekerja yang positif Covid-19 dan salah satu di antaranya ada varian Omicron.

Saat jumpa pers yang dilakukan secara virtual pada Kamis (16/12) Menteri kesehatan memberikan keterangan" Ada 3 pekerja pembersih di RS Wisma Atlet yang positif PCR-nya dan 1 dari 3 orang terseebut positif Omicron" ujarnya.

Kementrian Kesehatan juga menemukan 5 kasus yang diduga varian Omicron, tapi belum bisa dipastikan karena masih melakukan uji pemeriksaan sample. Kemenkes deteksi 5 probable Omicron.

Menkes juga menjelaskan dari 5 tersebut ada dua kasus warga Indonesia yang baru kembali dari perjalanan luar negeri yakni Amerika Serikat dan Inggris." Sekarang sedang di isolasi di Wisma Atlet dan 3 kasus lainnya adalah warga negara asing dari China yang datang ke Manado" Tambahnya.

Diketahui ketiga orang tersebut tengah menjalani isolasi di Manado. Menkes menekankan bahwa 5 orang ini masih probable karena baru di tes PCR. Kelima sample tersebut telah dikirim ke Litbangkes Kemenkes untuk mengetahui varian dari virus yang menjangkit mereka.

"Semoga dalam 3 hari kedepan kita bisa mendapat konfirmasi apakah ini Omicron atau tidak" jelasnya.

Dari halaman resmi Kementrian Kesehatan, Kasus probable adalah orang yang diyakini sebagai suspek dengan ISPA Berat atau gagal nafas akibat aveoli paru-paru yang penuh cairan (ARDS) atau meninggal. Kasus probable memiliki gambaran klinis yang meyakinkan covid-19 dan belum ada hasil pemeriksaan laboratorium RT-PCR.

COVID-19Kota Manado

Admin

Media digital berita Indonesia dan dunia terbaru, dan terpercaya.


BINANCE