Akhir Covid-19 Sudah dekat?

Admin
Admin
...

Kabarsulut.com - Saat ini Covid -19 telah mengajarkan kita arti kata "pandemi" wabah penyakit dalam skala dunia.

Menurut para ilmuwan kemungkinan ironisnya penyebaran cepat varian baru dapat membantu Covid-19 menjadi status endemik dalam beberapa bulan dari sekarang.

Adanya Prediksi bahwa lonjakan Omicron saat ini mencapai puncaknya di Amerika Serikat pada pertengahan Januari, Sehingga beberapa ahli mencatat bahwa kasus telah menurun secara signifikan di Afrika Selatan, dimana varian yang pertama kali di laporkan pada akhir November.

Di kutip dari Heathline Global Dr. Wiliam Schaffner yang merupakan seorang profesor kedokteran pencegahan penyakit menular di University Vanderbilt menjelaskan " Untuk beralih dari pandemi menjadi endemik, tingkat kekebalan populasi harus meningkat menjadi kekebalan kelompok" ujarnya.

Beliau menambahkan juga "jika semakin menular virus, semakin tingkat kekebalan kawanan yang anda butuhkan untuk meredamnya".Varian Omicron menyebar begitu cepat dan luas sehingga cukup banyak ornag yang memiliki kekebalan melalui vaksinasi atau infeksi masa lalu.

Itulah sebabnya, ilmuwan menilai, pandemi Covid-19 dapat mulai mereda. "Jika kita tidak memiliki varian baru yang muncul , maka kita bisa memiliki bebrapa tingkat endemik pada awal 2022" ujar Schaffner.

Hal yang sama juga disampaikan Eriva Susky merupakan pakar pengendalian infeksi dan epidemiologi rumah skait yang berbasis di Toronto,Kanada. Covid-19 kemungkinan akan menjadi penyakit endemik. "Jika penyakit tidak menjadi endemik satu-satunya cara lain adalah penyakit itu dihilangkan"ujar Susky.

Para ahli juga melihat Omicron sebagai jalur potensial menuju status endemik karena menyebar dengan mudah tetapi nampaknya tidak begitu mematikan seperti beberapa varian sebelumnya.

Sebuah virus dapat menjadi endemik begitu sebgaian besar populasi dunia memiliki memori imunologis akan menyebarkan virus dengan lebih mudah, karena respons imun mereka akan menhentikan replikasi virus.

"Dunia akan terus belajar untuk hidup dnegan Covid-19 dan Hidup akan terus berjalan'' kata Susky. Pandemi akan memudar tidak akan berakhir dengan ledakan.Hidup dalam dunia dnegan endemik Covid-19 tidak akan jauh berbeda dengan cara masyarakat menghadapi penyakit endemik lainnya seperti influenza.

Beberapa perubahan sosial dan kesehatan masyarakat yang ditimbulkan oleh Covid-19 mungkin ada disini untuk selamanya.Vaksin mungkin akan di perlukan secara berkala.

Berkurangnya vaksinasi dapat diartikan bahwa kita memerlukan vaksinasi tahunan untuk mempertahankan tingkat perlindungan yang lebih tinggi.



















COVID-19

Admin

Media digital berita Indonesia dan dunia terbaru, dan terpercaya.


BINANCE