Bamukisst Harap Pemerintahan JG-KWL Perhatikan Potensi Nusa Utara di Minut

R1
R1

KABARSULUT.COM, MANADO -  Potensi masyarakat diaspora Sangihe Sitaro dan Talaud di Minahasa Utara cukup memadai. Potensi tersebut diharapkan dapat diakomodir oleh pemerintahan Joune Ganda dan Kevin W. Lotulung (JG-KWL) untuk bersama-sama membangun kabupaten otonom di bumi Tonsea itu.

Sekretaris Umum BAMUKISST (Badan Musyawarah Kekeluargaan Indonesia Sangihe Talaud), Alfeyn Gilingan, menyebut potensi diaspora masyarakat Nusa Utara di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) cukup signifikan yang tersebar dari Tiwoho hingga Kema.

Segenap potensi diaspora Nusa Utara tersebut, sejak awal sudah proaktif mengawal langkah JG-KWL menangguk kemenangan pada Pilkada serentak 9 Desember 2020. Dengan demikian, partisipasi aktif diaspora Nusa Utara patut diapresiasi secara objektif.

Sekretaris Umum BAMUKISST, Alfeyn Gilingan

"Iya, sejak awal diaspora Nusa Utara di Minut sudah aktif mengawal keberhasilan JG-KWL. Sekarang keduanya sudah memimpin Minut. Saya berharap potensi tersebut diberi ruang dan kesempatan dalam pembangunan sosial kemasyarakatan dan pemerintahan," kata Ein (sapaan akrab Alfeyn Gilingan), Sabtu (10/3/2021) kepada wartawan di Manado.

Akomodasi potensi tersebut, kata Ein lebih lanjut, sejatinya dapat dimulai dari yang paling bawah di desa-desa hingga pejabat madya maupun segenap pejabat utama yang memiliki komitmen kuat untuk membangun Minut.

Menurut Ein, diaspora Nusa Utara di Minut ada pada bidang pertanian, perikanan, pendidikan maupun pemerintahan. "Representasi potensi itu ada di semua bidang. Apalagi di bentang wilayah pesisir yang terkait dengan perikanan dan wisata bahari," katanya.

Lebih dari itu, Ein berharap JG-KWL untuk benar-benar arif bijaksana membuat keputusan dalam kepemimpinan selang beberapa tahun ke depan. Sehingga segenap potensi Nusa Utara di Minut yang sudah bekerja keras ikut membangun daerah akan terus bersinergi menggerakkan pembangunan dalam tatanan taat aturan.

Bagi Ein, harapan ia lontarkan tersebut tidak berlebihan. Bahkan cukup wajar dan patut untuk disampaikan secara terbuka. "Ini suatu harapan, bukan permintaan tanpa dasar. Harapan ini akan kami disampaikan juga kepada pemimpin di kabupaten dan kota lain di Sulut," ujarnya.(red1)

Kabupaten Minahasa Utara

R1


Indodax