Hadiri Seleksi Tambahan Bakal Calon, JG : Pemkab Minut Menjamin Hak Dan Kewajiban Peserta

R1
R1
...

Kabar Sulut.com- MINUT, Seleksi tambahan bakal calon hukum tua untuk 12  desa peserta Pilhut serentak dari 45 desa pada 27 semptember bulan berjalan, digelar di SMPN 2 Aermadidi,selasa (6/9/2022).

Hal ini bagian dari tahapan Pilhut yang mensyaratkan setiap desa hanya mengakomodir   5 orang bakal calon sebelum memasuki tahapan penetapan calon pada tiap-tiap desa. 12 desa yang menghadirkan 87 peserta pencalonan Kumtua,sesuai data dari panitia desa masing-masing,terdaftar lebih dari 5 orang bakal calon yang sudah mendaftarkan diri.
Untuk tahapan penetapan calon,maka perlu dilakukan seleksi tambahan ini,guna penerapan aturan yang telah diberlakukan.
Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda SE,MAP dalam sambutannya menegaskan,pemerintah Kabupaten berkomitmen dan menjamin pelaksanaan proses demokrasi Pilhut melalui tahapan-tahapan yang disesuaikan dengan Perbup.

"Dipahami adanya dinamika pada desa yang menjadi peserta pemilihan hukum tua, saya jelaskan bahwa pemerintah kabupaten Minahasa Utara menjamin setiap hak dan kewajiban setiap peserta selaku bakal calon hukum tua. Perbup tidak bisa menganulir undang-undang, tapi undang-undang bisa menganulir Perbup"terang Ganda. Ia menghimbau semua peserta mengutamakan rasa persaudaraan, kekeluargaan, dan kebersamaan serta rasa memiliki desa dan masyarakat.
"mari bersama kita selaku bakal calon untuk mengutamakan rasa persaudaraan, kekeluargaan, dan kebersamaan dengan masyarakat,supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan"imbuh Ganda.

Tranparan pemerintah kabupaten dalam pelaksanaan Pilhut ini sangat jelas. Buktinya pantia kabupaten telah menghadirkan 5 pakar yang dijadikan sebagai tim seleksi. Bupati JG mengatakan,tim seleksi yang terdiri dari pakar ini,adalah mereka yang sangat berpengalaman dan berpengetahuan tentang pelaksanaan pemilihan hukum tua.

Diketahui tim seleksi adalah,DR.Meramis SH.  DR.Try Rotinsulu SE,MSI,  Toar Palingan SH,MH  DR.Ir. Lauren Bulo MSC,MAP  dan Prof.DR. Lexi Lumingkiawas. Seleksi tambahan ini dihadiri juga ketua komisi I DPRD Minut, Chyntia Erkles. (Jane Lape)

R1


BINANCE