Inilah Bahayanya Jika Minum Teh Manis Setelah Makan

Admin
Admin
...

Kabarsulut.com - Meminum es teh setelah makan memang terlihat menyegarkan, apalagi saat kita meminumnya disiang hari yang panas.Rasa dan aroma teh yang ringan tetapi kaya memang cocok untuk memabntu membersihkan mulut dan lidah dari sisa makanan.

Selain itu teh juga menjadi pilihan yang di pilih untuk membantu menurunkan serta mengendalikan berat badan. Tidak heran jika teh menjadi minuman favorit orang-orang terutama di Asia.

Ketahuilah teh memang memiliki berbagai maca manfaat untuk tubuh, sebelum mengetahiu alasan mengapa tidak boleh minum teh setelah makan, ada baiknya untuk mengetahui bahwa teh punya beragam kandungan dan manfaat untuk tubuh.

Hal ini sebabkan karena teh mengandung antioksida yang tinggi, Antioksida inilah yang mampu memperbarui dan memperbaiki sel-sel tubh kita yang rusak, mencegah penuaan dini, hingga melawan radikal bebas.

Tahukah teman-teman? Teh juga memiliki kandungan kafein yang bisa membantu kita tetap segar dan waspada,Beberapa jenis teh, seperti teh chamomile dan teh hijau juga berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan.  Banyak penelitian membuktikan, rutin minum teh bisa mengurangi risiko penyakit seperti kanker, hipertensi, penyakit hati, serangan jantung, hingga stroke.

Hindari lah minum teh manis setelah makan, dibandingkan air putih kadang kita lebih memilih utnuk minum es teh atau teh manis setelah makan.

Rasa teh yang manis ditambah es bisa menyegarkan tubuh kita setelah makan. Meskipun teh manis terbukti banyak manfaatnya untuk tubuh, mengonsumsi teh manis setelah makan ternyata tidak dianjurkan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ternyata meminum teh  setelah makan bisa mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Dalam penelitian The Journal of Nutritional Biochemistry, adanya kandungan asam tannin dan polifenol bisa mengganggu proses penyerapan protein dan zat besi. Sebabnya, asam tannin dan polifenol ini akan mengikat kedua gizi tadi di dalam usus.

Nah, hal ini akan mengakibatkan tubuh tidak bisa menyerap dan mengurai zat-zat seperti zat besi dan protein ini. Padahal tubuh membutuhkan protein dan zat besi untuk bisa menjalankan berbagai fungsi tubuh.

Manfaat dari kedua zat ini adalah untuk membentuk jaringan dan sel-sel tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga menyediakan sumber energi. Jika kita kekurangan kedua zat itu, maka akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan, seperti mudah lelah, sulit bernapas, hingga jantung berdebar.

Kalau kita minum teh setelah makan, asam tannin dan polifenol dalam teh akan langsung mengikat berbagai nutrisi pada makanan sebelum tubuh sempat menyerap nutrisi. Akibatnya, gizi dari makanan pun menjadi sia-sia karena tidak bisa diserap oleh tubuh.

Salah satu yang harus menghindari minum teh saat dan setelah makan adalah penderita anemia, karena tubuh tidak akan mendapatkan zat besi dari makanan.

Jika Ingin minum Teh, beri jeda sebelum atau sesudah makan, Bagi teman-teman yang tetap ingin minum teh setelah makan, sebenarnya tetap bisa dilakukan, kok.Caranya dengan memberi jeda untuk minum teh sebelum atau sesudah makan.

Idealnya, teh boleh diminum sekitar setengah sampai satu jam sebelum atau sesudah makan. Caranya dengan memberi jeda untuk minum teh sebelum atau sesudah makan,Idealnya, teh boleh diminum sekitar setengah sampai satu jam sebelum atau sesudah makan.

Caranya dengan memberi jeda untuk minum teh sebelum atau sesudah makan, Idealnya, teh boleh diminum sekitar setengah sampai satu jam sebelum atau sesudah makan. Selain memberi jeda, sebaiknya batasi juga konsumsi teh setelah makan, yakni hanya satu cangkir saja.

Pilih juga jenis teh tertentu, misalnya teh hijau yang bisa membantu pencernaan dan tidak terlalu berdampak pada penyerapan zat besi serta protein. Pemberian jeda waktu hingga satu jam ini dilakukan karena pencernaan sudah selesai menyerap berbagai zat gizi dari makanan yang kita konsumsi.

Untuk itu, berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh juga jadi lebih mudah dicerna serta diserap oleh tubuh. Teh menjadi tak lewat begitu saja pada tubuh kita.

Itulah alasan teh tidak boleh langsung diminum setelah makan. Semoga informasi ini dapat menjawab rasa penasaran teman-teman.











Kesehatantips kesehatan

Admin

Media digital berita Indonesia dan dunia terbaru, dan terpercaya.


BINANCE