Tips Menghindari Bunga dan Denda Kartu Kredit

Admin
Admin
...

Kabarsulut.com - Nampaknya penggunaan kartu kredit untuk setiap orang memiliki dampak yang berbeda. Ada yang bisa berdampak positif karena manfaat kegunaannya cukup banyak.

Akan tetapi kartu kredit sendiri bisa berdampak negatif dengan pemberian bunga yang dinilai mempersulit penggunanya,Bunga bank pada kartu kredit pada umumnya memanglah tinggi. Meskipun begitu banyak orang yang masih membutuhkan manfaatnya dikarenakan kartu kredit termasuk jenis pinjaman tanpa jaminan.

Ketahuilah memiliki kartu kredit bukan berarti kita bisa royal dalam berbelanja menggunakan dengan semaunya kita.Perlu mengenali sejumlah aturan main agar terhindar dari yang namanya denda dan bunga dari kartu kredit.Memastikan kembali dana untuk membayar tahihan sebelum tanggal jatuh tempo.

Terkadang yang terjadi adalah pemegang kartu kredit lupa, apalagi  pemegang kartu kredit pemula yang masih mengalami euphoria dengan kartu kredit. Inilah beberapa tips  dikutip dari cermati.com agar terhindari dari bunga kartu kredit dan denda.

  1. Tanggal penagihan kartu kredit di catat

Setiap bank menentukan tanggal jatuh tempo 15 hari setelah tanggal cetak transaksi, contohnya tanggal cetak adalah 10 Desember maka tanggal jatuh tempo penagihan kartu kredit adalah tanggal 25 Desember. Jika sebelum tanggal 25 Desember semua tagihan kartu kredit dibayar full payment dipastikan anda tidak akan terkena bunga sama sekali. Hindari membayar tagihan tepat pada tanggal jatuh temponya.

2. Sebaiknya tidak membayar tagihan dengan Jumlah terendah

Keringanan yang diberikan pihak bank kepada pemengang kartu kredit bisa melakukan pembayaran tagihan bulanan dengan metode minimum payment. Misalnya pada memiliki total tagihan sebesar Rp 1.000.000 dan saai itu anda kesulitan membayar maka diperbolehkan bayar jumlah minimumnya biasanya 10% dari jumlah seharusnya.Hal ini memang nampaknya meringankan akan tetapi anda akan terkena bunga senilai 2,95% pada tagihan selanjutnya.

2.Pastikan jumlahnya tepat Jangan membayar tagihan dengan buru-buru atau tergesa-gesa, karena hal ini akan berisiko menimbulkan sejumlah kesalahan dalam pembayaran. Terutama jika Anda membayarnya di mesin ATM yang memiliki antrean panjang. Lakukan pembayaran Anda dengan tenang. Pastikan semua tagihan terbayarkan, bahkan hingga nominal terkecil sekalipun karena bank tetap akan mengenakan bunga jika Anda meninggalkan satu rupiah tagihan di dalam kartu kredit.

3. Pastikan Jumlahnya tepat

Hindari buru-buru dan tergesa-gesa saat membayar tagihan karena berisiko menimbulkan sejumlah kesalahan dalam pembayaran, apa lagi pada saat membayarnya lewat ATM dengan antrian panjang.Pastikan semua tagihan terbayarkan hingga nominal terkecil pun karena bank tetap mengenakan bunga jika meninggalkan satu rupiah tagihan dalam kartu kredit.

4. Menerima Tagihan lewat Email

Keterlambatan pembayaran tagihan kartu kredit biasanya juga diakibatkan biling kartu kredit yang sering telat tiba dirumah maupun kantor, Hal ini menjadi alasan klasik terutama bagi pegawai bank yang akan menagih.Jadi Pastikan tagihan lewat email di bintangi dan buatkan catatan pengingat agar membayar sesuai tanggal yang telah di tentukan dan sebisa mungkin sebelum tanggal penagihan kartu kredit.

5. Hindari tarik tunai

Kartu kredit memiliki 2 jenis transaksi yaitu transaksi pembelanjaan dan transaksi tarik tunai. Transaksi pembelanjaan seperti cicilan,travel,dining,dan lain sebagainya. Sedangkan transaksi tarik tunai yaitu jika anda menarik uang secara tunai dengan menggunakan kartu melalui ATM dipastikan akan mendapatkan bunga sebesar 2,95 % dan Beberapa bank memberikan bunga tarik tunai yang lebih tinggi dari bunga pembelanjaan. Yang perlu di ingat adalah jika melakukan transaksi tarik tunai anda juga dikenakan biaya tarik uang tunai sebesar 4% dari total penarikan.

Semoga dengan tips ini dapat membantu anda terhindar dari bunga bank kartu kredit yang cukup memberatkan.Pastinya akan terasa lebih nyaman dalam memanfaatkan kartu kredit tanpa adanya bunga. Mudah dalam melakukan transaksi dan untung juga menggunakannya karena tidak kena bunga kartu kredit.









Tips & Tutorial

Admin

Media digital berita Indonesia dan dunia terbaru, dan terpercaya.


BINANCE