Musim Hujan,Waspada Fenomena La Nina Hampiri Sulut

Admin
Admin
...

Kabarsulut.com - Diketahui bersama beberapa hari ini Kota Manado dan sekitarnya serta beberapa daerah di Sulawesi Utara di guyur hujan dengan intensitas hujan yang berbeda-beda setiap daerah.

Hal ini tidak dapat di pungkiri karena memang dari pertengahan bulan Oktober kemarin Sulut memasuki musim hujan. Oleh karena itu Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado memberi peringatan kepada masyarakat dan pemerintah tentang kemugkinannya akan terjadi fenomena La Nina.

Ben Arther sebagai Koordinator Operasional Stasiun Meteotologi Sam Ratulangi Manado mengatakan" La Nina di perkirakan terjadi mulai akhir tahun 2021 sampai awal tahun 2022."Saat ini beberapa wilayah di Indonesia sudah memasuki periode La Nina yang bisa menambahnya curah hujan meski untuk saat ini curah hujan msih dalam periode lemah hingga sedang".

"Untuk itu pemerintah dan masyarakat di minta untuk waspada terhadap bencana hidrometrologi yang kemungkinan akan terjadi,berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya msuim hujan di Sulut juga cukup ekstrem karena ada La Nina" Ujar Ben.

Bencana hidrometrologi ini meliputi banjir, tanah longsor,puting beliung serta angin kencang. Daerah yang rawan banjir dan tanah longsor seperti Manado,Minahasa, Minahasa Selatan hingga kepulauan Sangihe agar lebih Waspada.

" Wajib dan sangat perlu melakukan antisipasi dari sekarang karena jika antisipasi di lakukan di bulan Desember 2021 nanti pasti terlambat" tutupnya.




Berita

Admin

Media digital berita Indonesia dan dunia terbaru, dan terpercaya.


BINANCE